DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG

Segala puji bagi Tuhan Yang Menguasai Langit dan Bumi. Yang mengatur urusan makhluk. Selawat dan Salam kepada junjungan besar Nabi Muhammad S.A.W. Nabi dan Rasul Akhir Zaman dan juga kepada keluarga dan para sahabatnya dan pengikut-pengikutnya.

Selamat datang. Selamat membaca. Semoga terhibur.

Jazakallah Khairan Kathira.Assalamualaikum Wrt. Wbt

Jumaat, April 15, 2011

BBK 48. Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Baz–Pelajaran Kedelapan Belas (2/2)

Bismillah.
Assalamualaikum.

Ya kawan-kawan, kita bertemu lagi di hari Jumaat yang mulia. Minggu ini akan kami sambung bahagian kedua Pelajaran Kedelapan Belas: Penyelenggaraan Jenazah Dan Tata Cara Shalat Jenazah.

Sebelum itu kita perhatikan topik-topik terdahulu…..

Pelajaran Pertama - Surah Al-Fatihah.
Pelajaran Kedua – Ma’na dan Syarat La Ilaha Illa Allah.
Pelajaran Ketiga – Rukun Iman.
Pelajaran Keempat – Pembagian Tauhid dan Syirik.
Pelajaran Kelima – Rukun Islam.
Pelajaran Keenam – Syarat2 Shalat.
Pelajaran Ketujuh – Rukun2 Shalat.
Pelajaran Kelapan – Kewajiban2 Shalat.
Pelajaran Kesembilan – Bacaan Tasyahud.
Pelajaran Kesepuluh – Sunnah2 Shalat.
Pelajaran Kesebelas – Hal2 Yang Membatalkan Shalat.
Pelajaran Keduabelas – Syarat2 Wudhu’.
Pelajaran Ketigabelas – Hal2 Yang Wajib dan Sunnah Dalam Wudhu’.
Pelajaran Keempatbelas – Hal2 Yang Membatalkan Wudhu’.
Pelajaran Kelimabelas – Akhlak Mulia.
Pelajaran Keenambelas – Adab2 Islamiyah.
Pelajaran Ketujuhbelas – Waspada Terhadap Syirik Dan Maksiat.
Pelajaran Kedelapanbelas – Penyelenggaraan Jenazah Dan Tata Cara Shalat Jenazah (1/2).

No1141A

Kelima: Yang paling berhak.
1. Yang paling berhak memandikan, menshalati dan mengubur mayit pria adalah orang yang telah menerima wasiat untuk itu, kemudian bapaknya, lalu kakeknya, kemudian yang terdekat dan terdekat dari kerabatnya yang pria.
2. Yang paling berhak memandikan mayit wanita adalah wanita yang menerima wasiat untuk itu, kemudian ibunya, lalu neneknya, kemudian yang terdekat dan terdekat dari kerabatnya yang wanita.
3. (Yang paling berhak memandikan) bagi suami isteri adalah pasangannya. Karena Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dimandikan oleh isteri beliau. Demikian juga halnya dengan Ali bin Abi Thalib r.a. memandikan mayit isteri beliau Fatimah r.a.

Keenam: Tata Cara Shalat Jenazah.
- (Yaitu: Dengan melakukan) Takbir empat kali.
1. Setelah Takbir pertama membaca surah Al-Fatihah, jika ia membaca surah pendek, satu atau dua ayat setelah (Al-Fatihah), maka hal itu baik, berdasarkan hadits shahih yang menjelaskan hal itu, riwayat Ibnu ‘Abbas r.a.
2. Kemudian Takbir kedua, lalu membaca shalawat, sebagaimana shalawat dalam Tasyahud.
3. Kemudian Takbir ketiga, lalu membaca do’a berikut ini:
No1308No1309
Artinya:
Ya Allah, ampunilah kami yang masih hidup dan orang yang telah mati dari kami, orang yang hadir dan orang yang tidak hadir, anak-anak kecil kami dan orang-orang dewasa kami, kaum pria dan wanita kami. Ya Allah, siapa yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah ia atas Islam. Dan siapa yang Engkau wafatkan dari kami, wafatkanlah ia atas iman. Ya Allah, ampunilah ia, rahmati, peliharalah, ma’afkanlah ia, muliakan tempat tinggalnya, luaskan tempat masuknya, basuhlah ia dengan air es dan salju, sucikanlah ia dari dosa-dosa, seperti kain putih yang disucikan dari kotoran, gantikan tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik, gantikan keluarganya dengan dengan keluarga yang lebih baik. Masukkanlah ia kedalam Syurga, peliharalah ia dari adzab kubur dan neraka. Lapangkanlah ia dan berilah ia cahaya didalam kuburnya. Ya Allah, janganlah Engkau menahan pahalanya untuk kami dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggalnya.
4. Setelah itu takbir keempat.
5. Lalu salam satu kali kekanan.

- Disunnahkan mengangkat kedua tangan pada setiap kali takbir.
- Jika jenazah wanita, maka do’anya: “Allahummaghfirlahaa”.. (merubah kata ganti orang ketiganya).
- Jika jenazahnya dua orang, maka do’anya: “Allahummaghfirlahumaa”… dan seterusnya (merubah kata ganti orang ketiganya).
- Jika jenazahnya lebih dari dua orang, maka do’anya: "Allahumaghfirlahum”… dan seterusnya (merubah kata ganti orang ketiganya).
- Jika jenazahnya anak-anak, maka do’a untuknya dirubah dengan do’a berikut:
No1310No1311
Artinya:
Ya Allah, jadikanlah ia orang yang bersegera kepada kebaikan dan tabungan bagi kedua orang-tuanya, serta pemberi syafaat yang diterima. Ya Allah, beratkanlah dengannya timbangan kedua orang-tuanya dan besarkanlah dengannya balasan keduanya serta ikutkan ia dengan orang-orang shalih terdahulu dari orang-orang beriman. Jadikanlah ia dalam tanggungan Ibrahim Alaihis-Salam; dan peliharalah ia dengan rahmat-Mu dari adzab neraka Jahim.
- Sunnahnya imam berdiri lurus dengan kepala jenazah pria; dan lurus dengan bagian tengah jenazah wanita.
- Dan jika jenazahnya banyak, maka yang terdekat dengan imam adalah jenazah pria dan yang terdekat kearah kiblat adalah jenazah wanita. Jika diantara jenazah-jenazah itu ada jenazah anak-anak, maka jenazah anak pria dikedepankan (lebih dekat dengan imam) daripada jenazah wanita, kemudian jenazah wanita, lalu jenazah anak-anak wanita.
- Kepala anak pria lurus dengan kepala jenazah pria dewasa. Bagian tengah jenazah wanita lurus dengan kepala jenazah pria. Jenazah anak wanita lurus dengan kepala jenazah wanita dewasa.
- Seluruh ma’mum shalat jenazah berdiri dibelakang imam, kecuali jika ada seorang ma’mum yang tidak mendapat tempat dibelakang imam, maka ia berdiri disebelah kanan imam.

No1312

Akhirnya, segala puji hanya milik Allah semata, shalawat dan salam untuk Nabi-Nya Muhammad, keluarga dan para shahabat beliau.

Berakhirlah penjelasan singkat tentang sebagian hal-hal yang wajib diketahui oleh masyarakat umum temtang Islam, yang diberi judul: “Beberapa Pelajaran Penting Untuk Segenap Ummat” hasil usaha Syaikah Yang Mulia Abdil Aziz bin Abdullah bin Baz.

Semoga kita semua dapat mempraktikkan apa yang ingin disampaikan oleh Syaikh Yang Mulia itu. Disamping kita terus menerus mendalami ilmu Islam agar kita mendapat rahmat Allah SWT untuk kebaikan kita di dunia dan mendapat naungan Allah SWT di akhirat kelak.

So….. semoga Allah SWT bukakan pintu hati kita sebagaimana orang-orang yang arif, dikurniakan kepada kita kefahaman nabi-nabi dan ilham para malaikat yang hampir dengan-Nya, semua itu dengan rahmat-Nya wahai Tuhan yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Amin.

Wassalam.

1 comments:

reza aconk berkata...

blog anda bagus>>>

saya ajungi jempol!!!!



dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!



jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India